Beragam produk unggulan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Tanjungpinang dapat dilihat pada stand bazar IKM yang digelar oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang di Terminal Sei Carang, Km IX. Bazar yang digelar setiap tahun ini merupakan rangkaian kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XIV Tingkat Kota Tanjungpinang. Bazar yang dibuka langsung oleh Ketua PKK Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul pada Minggu, (8/3) didampingi oleh Walikota Tanjungpinang, Wakil Walikota, Sekda, Ketua DWP, Ketua LAM, Asisten I Pemprov Kepri, Kadisperdagin, Ahmad Yani, serta pimpinan FKPD dan OPD lainnya ditandai dengan pemotongan pita dan pelepasan balon ke udara.

Dalam sambutannya, Ibu Juwariyah Syahrul, menyampaikan harapannya agar momen MTQ ini, menjadi momen kebangkitan bersama, baik dalam kecintaan terhadap Al-Quran juga kebangkitan ekonomi umat. Melalui bazar ini, mudah-mudahan para pelaku usaha Industri Kecil dan Usaha Mikro yang terlibat mampu memanfaatkan sebagai ajang promosi dan pemasaran kepada masyarakat luas. Pemberdayaan Masyarakat tidak hanya melalui pelatihan dan bimbingan lainnya, namun tak kalah penting adalah media dan sarana promosi dan penjualan yang harus diperhatikan.

Disela-sela mengunjungi stand-stand bazar, Kadis Perdagin Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani menyampaikan bahwa Event MTQ Expo ini digelar mulai dari tanggal 8 Maret sampai dengan 14 Maret kedepan. Event ini melibatkan 46 Stand terdiri dari Stand OPD, Organisasi Wanita, pelaku Industri Kecil dan Menengah, Perbankan, Kecamatan dan lain sebagainya. Disamping itu juga, ada area khusus untuk para pedagang kaki lima yang biasa berjualan disekitar Terminal Sei Carang. Masing-masing stand dari pelaku IKM diberikan fasilitas plang nama sebagai penanda nama usaha dan diberikan kebebasan mendekor stand bazar dengan semenarik mungkin. Beragam produk unggulan, mulai dari Kerajinan, Kaos Oleh-oleh, Tanjak, Makanan ringan hingga kopi rempah dapat kita nikmati semua di arena MTQ ini. Khusus stand bazar kecamatan akan dilombakan dan dinilai langsung oleh Panitia yang sudah ditunjuk dan akan diumumkan pada malam penutupan Sabtu (14/3) nanti. Setiap hari selama even bazar berlangsung, peserta bazar diwajibkan mengisi form transaksi penjualan yang terjadi selama bazar, untuk mengetahui langsung dampak positif nilai transaksi diselenggarakannya even bazar ini.

Even bazar seperti ini merupakan salah satu upaya nyata Pemerintah melalui Disperdagin memberikan ruang dan wadah untuk mempromosikan langsung produk-produk yang sudah dihasilkan masyarakat kepada konsumen, lanjut dia.

Pada malam pembukaan acara MTQ XIV yang dibuka langsung oleh Walikota Tanjungpinang, H.Syahrul, S.Pd, juga menanggapi positif penyelenggaraan Bazar yang dijalankan sempena MTQ dalam sambutannya. Kandungan Al-Qur’an yang selama ini sebagian orang ketahui hanya tentang surga dan neraka, justru sebagian besar menceritakan tata cara kehidupan bersosial, ekonomi umat. Sudah seharusnya ekonomi umat bangkit dan berkembang. Oleh karenanya dia berpesan manfaatkanlah fasilitas yang sudah pemerintah berikan ini sebaik sebaik-baiknya. Mari kita bangun ekonomi umat untuk kesejahteraan bersama.

Perlu diketahui bersama pula, ini merupakan kali Keempat Dinas Perdagangan dan Perindustrian menjadi penyelenggara Bazar yang bersempana pada penyelenggaraan MTQ Tingkat Kota Tanjungpinang.