Dalam rangka membentuk mentalitas pelaku usaha indusrtri kecil dan menengah (IKM) Kota Tanjungpinang yang berkarakter, Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian menyenggarakan pelatihan Achievement Motivation Training (AMT), yakni sebuah pelatihan yang mendorong IKM termotivasi untuk berprestasi. Survei baik formal dan nonformal berbagai lembaga terhadap indeks perekonomian daerah dalam hal ini berkaitan dengan ekonomi kerakyatan menunjukkan hasil yang perlu diperhatikan lebih jauh. Adanya pelemahan daya beli masyarakat tentu tidak bisa dipungkiri terjadi di tengah-tengah kita. Tidak sedikit dunia usaha mengeluh dan mengalami kemunduran yang signifikan bahkan sampai mengalami pailit. Hal tersebut menjadi konsentrasi pemerintah dalam hal ini pemangku kepentingan pada bidang perdagangan dan perindustrian, bagaimana terus hadir membina dan merangkul pelaku usaha IKM agar tetap tangguh dan mandiri. Tentunya selain pembinaan terkait peningkatan kualitas produk, pelaku usaha IKM penting diberi ilmu pengetahuan karakter sebagai pondasi awal mengembangkan dan membangun usaha.

Dalam sambutan pada pembukaan acara AMT (23/9) di Aula Kantor Disperdagin, Kepala Disperdagin, Ahmad Yani mengatakan bahwasanya kegiatan pelatihan AMT ini akan dilaksanakan selama 4 hari sampai dengan tanggal 26 September 2019. ia melanjutkan, untuk melaksanakan kegiatan tersebut, penyelenggara bekerjamasa dengan Lembaga Pengembangan UMKM Provinsi Riau. Lebih dalam ia menjelaskan, untuk mengembangkan usaha tidak hanya diperlukan keterampilan yang baik namun juga harus didukung oleh karakter kepribadian yang baik pula. Kedua hal tersebut tidak bisa dilepaskan terpisah, melainkan wajib menjadi satu kesatuan yang utuh. Dengan karakter kepribadian pelaku usaha IKM yang baik, maka akan menjadi kekuatan internal dalam hal pengembangan bisnis. Berbicara karakter, hal ini berkenaan dengan integritas, komitmen, dan kejujuran seorang pelaku usaha. Pelaku usaha IKM tidak mungkin dapat berkembang secara individual, melainkan akan banyak relasi/ hubungan yang perlu dipelihara baik. Itu semua akan terjaga jika karakter seorang pelaku usaha IKM baik.  Pada pelaksanaan kegiatan AMT kali ini, diikuti peserta pelaku usaha IKM sebanyak 30 orang.

Pada akhirnya hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini antara lain, terjadinya perubahan pola pikir (mindset) dari pada peserta ke arah yang lebih baik, terjadinya perubahan sikap dan tingkah laku dalam bekerja/ berusaha ke arah yang lebih baik dari pada semula (bekerja berprestasi), timbulnya sikap dan perilaku inovatif, kreatif, proaktif dan responsive, timbulnya rasa tanggung jawab secara pribadi dalam bekerja/ berusaha, membangun sikap dinamis dalam bekerja dan mudah diajak bekerjasama dalam kelompok, bertindak dan bekerja pada batas kemampuan, serta timbulnya keberanian dalam mengambil keputusan setelah melakukan pertimbangan yang matang.