Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Se Indonesia (APEKSI) Tingkat Nasional Tahun 2019 berhasil diselenggarakan dengan sukses dan meriah di Kota Semarang. Sebagai tuan rumah pada gelaran akbar tahunan ini, Kota Semarang mempersiapkan secara maksimal, mulai penyambutan para tamu dari 96 Kota se Indonesia, fasilitas akomodasi yang memadai dan hiburan yang meriah.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, selain acara utama yakni RAKERNAS yang dilaksanakan di PO Hotel, juga ada beberapa acara pendukung seperti, Ladies Program, Semarang Night Carnival di depan Balai Kota Semarang, Indonesia City Expo di Kawasan Simpang Lima dan aneka hiburan lainnya. RAKERNAS yang diselenggarakan pada tanggal 3 Juli 2019 dan dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo juga turut membuka secara resmi  Indonesia City Expo XVII di Kawasan Simpang Lima, Semarang yang dilaksanakan dari tanggal 3 s.d 6 Juli 2019.

Indonesia City Expo (ICE)  menjadi ajang pemerintah daerah menampilkan kekhasan dan ragam potensi daerahnya untuk dipromosikan ke masyarakat luas. Begitu juga, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Tanjungpinang dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang turut berpartisipasi membawa nama Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk menampilkan segala potensi yang ada di Kota Tanjungpinang. Beragam produk makanan seperti, Kerupuk Gonggong, Kerupuk Sotong, Dendeng Sotong, Kue Bangkit, Serundeng Ikan Tamban, Teh, Kopi, olahan rosella, dan olahan herbal bawang putih tampil pada expo akbar tersebut. Tak kalah menarik juga ada produk non pangan seperti, kaos khas Kota Tanjungpinang, Batik Tanjungpinang, souvenir kerang-kerangan, tanjak, songkok menjadi andalan yang banyak diminati para pangunjung. Bahkan semua produk makanan yang ada di stand Kota Tanjungpinang ludes terjual selama pameran.

Walikota dan Wakil Walikota, Ketua Dekranasda serta Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang turut hadir mendukung penuh kegiatan yang memiliki dampak untuk mengenalkan Kota Tanjungpinang secara lebih luas, sehingga kedepannya, banyak orang yang tau dan kenal serta mau berkunjung ke Kota Tanjungpinang. Disela-sela mengunjungi stand, Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul berharap, agar terus tingkatkan mutu produk unggulan IKM dan kedepannya tampilkan lebih banyak lagi ragam produk yang menjadi ciri khas kota. Dia juga mengatakan, kedepan mudah-mudahan Kota Tanjungpinang mampu menjadi tuan rumah gelaran akbar yang dilaksanakan setiap tahun ini.

Disamping itu, Ketua Dekranasda, Juwariyah Syahrul, yang turut mendampingi juga berpesan agar mampu memanfaatkan even ini sebagai momentum mempromosikan keragaman kerajinan yang dimiliki Kota Tanjungpinang yang unik dan berkualitas