Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Industri Kecil Menengah (IKM) pada saat ini adalah masih sederhananya teknologi mesin dan peralatan yang digunakan dalam mendukung proses produksi sehingga berpengaruh pada rendahnya produktivitas dan kualitas produk.

Sebagai solusi dari salah satu permasalahan IKM, Ditjen IKM Kementerian Perindustrian RI melalui Program Restrukturisasi Mesin dan/ atau Peralatan memberikan potongan harga untuk menunjang proses produksi. Dikesempatan menuju penghujung tahun 2018, Ditjen IKM melakukan acara penyerahan Surat Perjanjian Pemberian Bantuan (SPPB) program restrukturisasi 2018. Acara ini dihadiri oleh 39 IKM sebagai perwakilan dari 111 IKM penerima fasilitasi restrukturisasi 2018 yang tersebar diseluruh Indonesia, yang salah satunya adalah IKM binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang, yakni CV. Family Food yang memproduksi aneka roti. Adapun untuk menjadi penerima manfaat program ini, IKM harus melengkapi usahanya dengan perizinan dan memiliki manajamen keuangan yang tercatat dengan rapi dan terstruktur hingga sudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Acara yang dibuka langsung oleh Dirjen IKM, Ibu Gati Wibawaningsih, turut dihadiri tim Surveyor Indonesia selaku lembaga pengelola program restrukturisasi mesin dan/ atau peralatan IKM dan para IKM yang mendapat fasilitasi.

(Sumber : Ditjen IKM)

4 Desember 2018